Angin sebagai salah satu energi alternatif dalam kapal kargo

*** Mengurangi Penggunaan Bahan Bakar dengan Energi Alternatif pada Kapal Kargo Inovasi dalam teknologi energi alternatif semakin berkemban...

***


Mengurangi Penggunaan Bahan Bakar dengan Energi Alternatif pada Kapal Kargo

Inovasi dalam teknologi energi alternatif semakin berkembang, dan salah satu yang menarik perhatian adalah penggunaan layang-layang untuk membantu menggerakkan kapal kargo. Teknologi ini tidak hanya mengurangi penggunaan bahan bakar fosil tetapi juga mengurangi emisi karbon, menjadikannya solusi yang ramah lingkungan. Mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai bagaimana layang-layang dapat menjadi energi alternatif yang efektif untuk kapal kargo.

Seawing: Desain Revolusioner dari Prancis

Seawing adalah sistem layang-layang otomatis yang dirancang oleh perusahaan Prancis, Airseas. Sistem ini menggunakan teknologi aeronautika untuk memanfaatkan kekuatan angin dalam menggerakkan kapal. Seawing dapat mengurangi penggunaan bahan bakar hingga 20% dan mengurangi emisi karbon secara signifikan[1]. Layang-layang ini terbang di ketinggian sekitar 300 meter, menangkap angin yang lebih kuat dan stabil dibandingkan di permukaan laut[2].

Sistem Energi Angin Udara (Airborne Wind Energy System)

Selain Seawing, ada juga Sistem Energi Angin Udara (Airborne Wind Energy System) yang menggunakan layang-layang untuk menghasilkan listrik seperti turbin angin. Sistem ini memanfaatkan angin di ketinggian yang lebih tinggi, di mana angin lebih kencang dan konsisten[3]. Dengan demikian, sistem ini dapat menghasilkan energi yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Angin sebagai salah satu energi alternatif dalam kapal kargo

Layang-layang ini mendorong kapal kargo besar menggunakan angin yang bertiup, mengubah perjalanan laut. Seawing, desain perintis Prancis, memangkas penggunaan bahan bakar hingga 20% dan mengurangi polusi. Sistem Energi Angin Udara juga menggunakan layang-layang untuk menghasilkan listrik seperti turbin angin, menawarkan alternatif yang hemat sumber daya. Inovasi ini menunjukkan bagaimana energi angin dapat mendorong keberlanjutan, dari laut yang lebih bersih hingga tenaga yang lebih ramah lingkungan.

Manfaat dan Tantangan

Penggunaan layang-layang sebagai sumber energi alternatif pada kapal kargo menawarkan berbagai manfaat, termasuk:

  • Pengurangan Emisi Karbon: Mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mengurangi emisi gas rumah kaca.
  • Efisiensi Energi: Memanfaatkan angin yang lebih kuat di ketinggian untuk menghasilkan daya dorong yang lebih besar.
  • Biaya Operasional yang Lebih Rendah: Mengurangi biaya bahan bakar dan pemeliharaan mesin.

Namun, ada juga tantangan yang perlu diatasi, seperti:

  • Keamanan dan Stabilitas: Memastikan layang-layang dapat beroperasi dengan aman dalam berbagai kondisi cuaca.
  • Integrasi Teknologi: Mengintegrasikan sistem layang-layang dengan infrastruktur kapal yang ada.

Referensi Ilmiah

Untuk mendukung informasi ini, berikut beberapa referensi ilmiah yang relevan:

  • Studi Perbandingan Bahan Bakar Alternatif untuk Pengurangan Karbon di Industri Maritim[4].
  • Laporan tentang Viabilitas Komersial dan Operasional Bahan Bakar Laut Alternatif[5].

Dengan terus berkembangnya teknologi ini, kita dapat berharap bahwa penggunaan layang-layang sebagai sumber energi alternatif akan semakin umum dan membantu menciptakan industri pelayaran yang lebih hijau dan berkelanjutan.

[1]: Seawing Kite Completes Validation Testing Demonstrating Fuel Savings. [2]: Airseas's Seawing set sails! [3]: Airborne wind turbine - Wikipedia. [4]: Comparative Study of Different Alternative Fuel Options for Shipowners Based on Carbon Intensity Index Model. [5]: Comparison of Alternative Marine Fuels - SEA-LNG.


References

KOMENTAR

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
Gamma AI | Make presentation more easier
Nama

1991,2,1997,1,1998,3,2000,1,2001,1,2003,1,2009,1,2010,1,2013,2,2015,1,Almamater,17,Anggota,14,Berita,131,Bonding,23,Database,4,Duka,9,Electrical,2,Events,37,GoGreen,11,iNspiRA,9,Islami,20,Jasmani,9,Karir,20,keluarga,13,Laporan,4,Mapan,2,Mechanical,2,Pendidikan,16,Refrigerant,9,RHVAC,31,Rohani,12,Seminar,6,Suka,6,Works,39,
ltr
item
IKARA | Ikatan Alumni Refrigerasi dan Tata Udara Politeknik Negeri Bandung: Angin sebagai salah satu energi alternatif dalam kapal kargo
Angin sebagai salah satu energi alternatif dalam kapal kargo
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEieXp9WFdv1SPJrCv95fXQHX58GszhEFKj-I8jsL4S1ipQImrMWLbpFkWNU1E3JxSdaWcttBV2iu9pQpUugINfvrxe4iJ91LwDKQt4aZ5hNpNJKxxmVlpFxn6Vamso7_LPb5_KiDsYYXafzgqmYTIX7iLTvEaZCuG0DgNFuljlkYzZnUQhF8vP8aafITg0/w640-h592/kite%20save%20tons%20of%20fuel.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEieXp9WFdv1SPJrCv95fXQHX58GszhEFKj-I8jsL4S1ipQImrMWLbpFkWNU1E3JxSdaWcttBV2iu9pQpUugINfvrxe4iJ91LwDKQt4aZ5hNpNJKxxmVlpFxn6Vamso7_LPb5_KiDsYYXafzgqmYTIX7iLTvEaZCuG0DgNFuljlkYzZnUQhF8vP8aafITg0/s72-w640-c-h592/kite%20save%20tons%20of%20fuel.jpg
IKARA | Ikatan Alumni Refrigerasi dan Tata Udara Politeknik Negeri Bandung
https://www.ikara.or.id/2025/01/angin-sebagai-salah-satu-energi.html
https://www.ikara.or.id/
http://www.ikara.or.id/
http://www.ikara.or.id/2025/01/angin-sebagai-salah-satu-energi.html
true
1737064591611106676
UTF-8
Loaded All Posts Konten tidak ditemukan. LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Hapus By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali Keawal Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content