Tak Perlu Panik (Cara) Menghadapi Gempa Bumi dengan Aman

Saat gempa bumi, Berdoa adalah pertama kali yang perlu dilakukan, ingat bahwa semua kejadian sudah ada yang maha mengaturnya, yaitu Allah 'Azzawajalla



Gempa bumi dapat terjadi kapan pun dan di mana pun tanpa mengenal waktu dan tempat. Untuk itu, perlu adanya pembekalan diri mengenai cara menyelamatkan diri saat gempa supaya menghindari cedera dan bahaya lainnya.

Gempa bumi sering terjadi di Indonesia, terlebih lokasi Indonesia berada dalam garis Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire yang dinilai rawan bencana alam seperti gempa bumi.  Apabila lempeng samudera atau benua juga gunung berapi tiba di masa aktivitasnya, maka gempa bisa saja terjadi.

Risiko tersebut membuat kita sebagai warga Indonesia harus siap kapan pun bencana ini terjadi. Jika gempa bumi terjadi pada wilayah anda, anda tak perlu panik. Solusi tepat untuk bisa menyelamatkan anda dan orang terkasih yaitu dengan memahami upaya penyelamatan diri saat gempa bumi.

Berikut ini terdapat beberapa cara menyelamatkan diri:

0. Berdoa

Berdoa adalah pertama kali yang perlu dilakukan, ingat bahwa semua kejadian sudah ada yang maha mengaturnya, yaitu Allah 'Azzawajalla, yang maha pengatur segalanya, pasrahkan diri kita, perkuat iman kita, mohon ampun atas dosa-dosa yang kita perbuat, sambil bergerak berusaha.

1. Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi Secara Umum

Terdapat cara dasar untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi. Saat terjadi gempa, cara terbaik untuk menyelamatkan diri adalah dengan metode drop, cover, hold on. Dengan kata lain, saat terjadi gempa Anda harus menurunkan posisi tubuh yang lebih rendah, mencari penutup kepala dan leher, dan tetap berada dan berlindung di tempat tersebut hingga gempa berhenti. Berikut penjelasannya:

a. Jatuhkan tubuh ke bagian tangan dan lutut sebelum gempa bumi menghantam Anda. Posisi ini dapat melindungi Anda dari jatuh dan tetap memungkinkan Anda untuk bergerak jika perlu.

b. Cari penutup kepala dan leher (dan seluruh tubuh Anda jika memungkinkan) yaitu di bawah meja atau meja yang kokoh. Jika tidak ada tempat berlindung di dekat Anda, bergeraklah menuju dinding bagian dalam atau di samping furnitur posisi rendah yang tidak akan menimpa Anda, dan tutupi kepala dan leher Anda dengan lengan dan tangan.

c. Tetap berlindung di tempat sampai guncangan berhenti. Bersiaplah untuk bergerak dari tempat berlindung Anda jika guncangan membuatnya bergeser atau rusak.

2. Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Apabila Berada di Dalam Rumah

Gempa bumi selalu datang tanpa melihat waktu dan tempat. Ketika anda berada di dalam rumah dan sedang terjadi gempa, tak perlu panik. Anda bisa melakukan cara penyelamatan diri sebagai berikut ini:

a. Jika memungkinkan, dalam beberapa detik sebelum guncangan semakin hebat, segera menjauh dari kaca, benda gantung, rak buku, lemari cina, atau furnitur besar lainnya yang bisa jatuh. Perhatikan benda yang jatuh, seperti batu bata dari perapian dan cerobong asap, perlengkapan lampu, hiasan dinding, rak tinggi, dan lemari dengan pintu yang bisa dibuka.

b. Jika tersedia di dekat Anda, ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari puing-puing yang berjatuhan dan pecahan kaca.

c. Jika Anda berada di dapur, segera matikan kompor dan tutupi saat terjadi guncangan pertama.

d. Jika Anda di tempat tidur, tahan dan tetap di sana, lindungi kepala Anda dengan bantal. Lebih kecil kemungkinan terluka jika berlindung di tempat Anda berada. Perlu diingat, pecahan kaca di lantai dapat menyebabkan cedera jika Anda berjalan untuk menuju ke luar rumah.

e. Jangan berdiri di depan pintu. Anda bisa berlindung dengan lebih aman di bawah meja. Di rumah modern, ambang pintu tidak lebih kuat dari bagian rumah lainnya. Selain itu, pintu juga tidak dapat melindungi Anda dari kemungkinan sumber cedera.

3. Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa di Dalam Gedung Bertingkat

Selanjutnya, apabila anda berada di dalam gedung bertingkat dan sedang terjadi gempa. Anda bisa melakukan cara penyelamatan diri sebagai berikut:

a. Menjauh dari jendela dan dinding luar.

b. Tetap di dalam gedung.

c. Jangan gunakan elevator. Listrik bisa padam, dan sistem sprinkler bisa menyala sehingga bisa menimbulkan risiko lain yang berbahaya.

d. Jika Anda terjebak, tetap tenang. Cobalah untuk menarik perhatian seseorang dengan mengetuk bagian struktur yang keras atau logam. Cara ini dapat memudahkan Anda mendapatkan pertolongan untuk menuju tempat berlindung yang lebih aman.

4. Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa di Tempat Ramai

Berikut ini terdapat beberapa cara menyelamatkan diri saat gempa di tempat ramai seperti supermarket, pasar, dan tempat keramaian lainnya:

a. Jangan terburu-buru menuju pintu keluar. Biasanya orang lain akan berpikiran sama, sehingga bisa berebut dan berdesakan di pintu keluar.

b. Jauhi rak pajangan yang berisi benda-benda yang bisa jatuh.

c. Jika memungkinkan dan tersedia, berlindung dan ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari puing-puing dan kaca yang berjatuhan.

5. Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa di Luar Ruangan

Meskipun sudah berada di luar ruangan, anda juga perlu mengetahui cara menyelamatkan diri saat gempat. Sebab di luar ruangan bisa jadi tidak aman apabila anda berada di dekat tiang listrik atau bahkan gedung bertingkat. Berikut ini cara menyelamatkan diri saat gempa di luar ruangan, yaitu:

a. Menjauh dari gedung, kabel listrik, lubang pembuangan, dan saluran bahan bakar dan gas. Bahaya terbesar dari puing-puing yang berjatuhan berada tepat di luar pintu masuk dan dekat dengan dinding luar bangunan.

b. Pergilah ke area terbuka jauh dari pepohonan, tiang telepon, dan bangunan. Setelah berada di tempat terbuka, turun posisi tubuh yang lebih rendah dan tetap di sana sampai guncangan berhenti.

c. Area di dekat dinding luar sebuah bangunan adalah tempat yang paling berbahaya. Jendela, fasad, dan detail arsitektur sering kali menjadi bagian pertama dari bangunan yang runtuh. Usahakan untuk jauh dari zona bahaya ini.

6. Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa di Dalam Mobil

Gempa memang datang secara tiba-tiba dan tak terduga, bisa jadi saat terjadi gempa tersebut anda berada di dalam mobil. Berikut ini ada sejumlah cara menyelamatkan diri saat gempa bumi di dalam mobil, yaitu:

a. Jauhi persimpangan, pinggirkan mobil kamu di kiri bahu jalan dan berhentilah.

b. Ikuti instruksi dari petugas berwenang dengan memerhatikan lingkungan sekitar atau melalui alat komunikasi lainnya seperti radio atau gawai.

c. Apabila mendengar peringatan dini tsunami, segera lakukan evakuasi menuju ke tempat tinggi, seperti bukit dan bangunan tinggi.

7. Gempa usai, perbanyak amal kebaikan

Setelah gempa usai perbanyak amal kebaikan, bantu korban lainnya, berikan apa yang bisa kita berikan untuk meringankan beban orang lain (perbanyak sedekah).

KOMENTAR

Nama

1991,2,1997,1,1998,2,2000,1,2001,1,2003,1,2009,1,2010,1,2013,2,2015,1,Almamater,5,Anggota,13,Berita,82,Bonding,13,Database,1,Duka,8,Electrical,1,Events,28,GoGreen,3,iNspiRA,3,Islami,6,Karir,8,keluarga,9,Laporan,2,Mapan,1,Mechanical,1,Pendidikan,7,Refrigerant,5,RHVAC,11,Rohani,4,Seminar,4,Sports,4,Suka,3,Works,35,
ltr
item
IKARA: Tak Perlu Panik (Cara) Menghadapi Gempa Bumi dengan Aman
Tak Perlu Panik (Cara) Menghadapi Gempa Bumi dengan Aman
Saat gempa bumi, Berdoa adalah pertama kali yang perlu dilakukan, ingat bahwa semua kejadian sudah ada yang maha mengaturnya, yaitu Allah 'Azzawajalla
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_nEk3hmIaDpdPnXxN7r7S2CSk8n7eJaLgDY4rVrOsQX0QKcNfgHSgFrsXw4C665Rwlwvka65JZxOo5Qj2Ou_8COXqiE3WHvbBfiPtOcvFjHP5Ce5ov3BYQxcF6DlR5joS3sHcUAdlh-xzDSp2yq3b2FzJ4aBHIj0s64XhGbtW1YCOZXcCF3UFxdzAIw/w400-h266/Gempa.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_nEk3hmIaDpdPnXxN7r7S2CSk8n7eJaLgDY4rVrOsQX0QKcNfgHSgFrsXw4C665Rwlwvka65JZxOo5Qj2Ou_8COXqiE3WHvbBfiPtOcvFjHP5Ce5ov3BYQxcF6DlR5joS3sHcUAdlh-xzDSp2yq3b2FzJ4aBHIj0s64XhGbtW1YCOZXcCF3UFxdzAIw/s72-w400-c-h266/Gempa.jpg
IKARA
https://www.ikara.or.id/2022/11/tak-perlu-panik-cara-menghadapi-gempa.html
https://www.ikara.or.id/
https://www.ikara.or.id/
https://www.ikara.or.id/2022/11/tak-perlu-panik-cara-menghadapi-gempa.html
true
1737064591611106676
UTF-8
Loaded All Posts Konten tidak ditemukan. LIHAT SEMUA Baca Balas Batalkan Hapus By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARSIP SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Kembali Keawal Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content